Pages

#SIP TUGAS 1 - SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

A. PENGERTIAN SISTEM DAN INFORMASI

1. PENGERTIAN SISTEM




Apa itu sistem? Berikut akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan sistem menurut para ahli :
  • Menurut Kusrini & Koniyo (2007) sistem didefinisikan sebagai suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaiakn suatu aturan tertentu.
  • Menurut  Tyoso (2016) sistem merupakan suatu kumpulan dari komponen-komponen yang membentuk suatu kesatuan.
  • Menurut Nuraida (2008) sistem adalah kumpulan komponen dimana masing-masing komponen memiliki fungsi yang saling berinteraksi dan saling tergantung serta memiliki satu kesatuan yang utuh untuk bekerja mencapai tujuan tertentu.
  • Menurut Marimin, Tanjung, H., & Prabowo, H. (2006) sistem adalah suatu kesatuan usaha yang terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain yang berusaha mencapai suatu tujuan dalam suatu lingkungan kompleks.


Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa sistem adalah suatu jaringan kerja yang merupakan kumpulan dari komponen-komponen yang saling berhubungan serta memiliki suatu kesatuan dan memiliki fungsi masing-masing yang berusaha mencapai suatu tujuan tertentu. 

2. PENGERTIAN INFORMASI


Apa itu informasi? Berikut akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan sistem menurut para ahli :


  • Menurut Marimin, Tanjung, H., & Prabowo, H (2006) informasi merupakan data yang telah diolah menjadi suatau bentuk yang penting bagi penerima dan mempunyai nilai nyata bagi pengambilan keputusan-keputusan saat ini atau waktu yang akan datang.
  • Menurut Hutahaean (2015) informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya.
  • Menurut Kusrini & Kuniyo (2007) informasi adalah data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi pengguna, yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendukung sumber informasi.
  • Menurut Amsyah, Z (2005) informasi adalah data yang sudah diolah ke dalam bentuk tertentu sesuai dengan keperluan pemakaian infromasi tersebut. 



Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi sesuatu yang berguna, yang bermanfaat, dan mempunyai nilai nyata yang digunakan untuk pengambilan keputusan pada waktu mendatang sesuai dengan keperluan pemakain informasi.



B. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

1. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI



Apa itu informasi? Berikut akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan sistem menurut para ahli :

  • Menurut Marimin, Tanjung, H., & Prabowo, H. (2006) sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima sumber data sebagai input  dan mengolahnya menjadi produk informasi sebagai output. 
  • Menurut Kusrini & Kaniyo (2007) sistem informasi adalah sebuah sistem yang terdiri atas rangkaian subsistem informasi terhadap pengolahan data untuk menghasilkan informasi berguna dalam pengambilan keputusan.
  • Menurut Komaruddin (dalam Nuraida, 2008) sistem informasi merupakan seperangkat prosedur yang terorganisasi dengan sistematik yang jika dilaksanakan akan menyediakan informasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembuatan keputusan.


Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah suatu sistem yang terdiri dari rangkaian informasi yang menerima sumber data sebagai input dengan sistematik untuk menghasilkan informasi yang berguna yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembuatan keputusan.

2. PENGERTIAN PSIKOLOGI



Apa itu psikologi ? Berikut akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan psikologi menurut para ahli :
  • Menurut Basuki, A.M.H. (2008), psikologi adalah ilmu pengetahuan ilmiah yang mempelajari perilaku, sebagai menifestasi dari kesadaran proses mental, aktivitas motorik, kognitif dan emosional.
  • Menurut Morgan (dalam Basuki, 2008) psikologi adalah ilmu yang mempelajari manusia dan binatang serta penerapannya pada permasalahan manusia.
  • Menurut Wundt (dalam Basuki, 2008) psikologi merupakan ilmu tentang kesadaran manusia.


Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari manusia dan perilaku tentang kesadaran manusia, proses mental, aktivitas motorik, kognitif dan emosional. 

3. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI



Apa yang di maksud dengan sistem informasi psikologi? Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi psikologi merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk memperoleh informasi yang menerima sumber data yang berkaitan dengan data psikologi sebagai inputnya dengan cara yang sistematik untuk menghasilkan informasi yang berguna. Contoh sistem informasi psikologi dalam bidang Psikologi Kognitif yaitu penggunaan teknologi pemakaian aplikasi CP3 yang berguna dalam melihat Feature Detection pada setiap individu. 


C. ARSITEKTUR KOMPUTER

1. PENGERTIAN ARSITEKTUR KOMPUTER



Apa yang dimaksud dengan arsitekur komputer ? Berikut penjelasan mengenai arsitektur komputer :

  • Menurut Syani, M. (dalam academia.edu, 2012) arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. 
  • Menurut Duka, R. (dalam academia.edu, 2012) arsitekutr komputer adalah sebuah ilmu untuk tujuan perancangan sistem komputer. 
  • Menurut Optiandi, C. (dalam academia.edu, 2013) arsitektur komputer mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, seperti set instruksi, aritmatika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0,  jumlah bit yang digunakan untuk representasi data.


Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa arsitektur komputer adalah ilmu yang mempelajari atribut dari sistem komputer yang memiliki konsep perencanaan dan struktur pengoperasian yang terkait dengan programmer dan memiliki tujuan perancangan sistem komputer. 
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll. Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah :
  • Arsitektur von Neumann.
  • CISC.
  • RISC.
  • Blue Gene, dll. 
Menurut Suryadi (1994) ada dua bagian yang pokok untuk arsitektur computer, yaitu :
  • Instructionset Architecture (ISA) atau arsitektur set instruksi. ISA meliputi spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin akan berinteraksi dengan komputer. Komputer dipandang dari segi ISA-nya yang menentukan sifat komputasional komputer.
  • Hardware system Architecture (HAS) atau arsitektur system hardware. HAS berkaitan dengan subsistem hardware utama computer yang meliputi central processing unit (CPU) atau unit pemrosesan sentral, system penyimpanan dan input-output (I/O) system atau system input-outputnya. HAS mencakup desain logis dan organisasi arys data dari subsistem, dan oleh karenanya tingkat HAS yang luas menjadikan mesin dapat beroperasi secara efisien.

D. STRUKTUR KOGNISI MANUSIA 

1. PENGERTIAN KOGNISI


Apa yang dimaksud dengan kognisi? Berikut penjelasan mengenai kognisi menurut para ahli :
  • Menurut Semiun, Y. (2006) kognisi adalah kegiatan-kegiatan mental yang dibutuhkan dalam memperoleh, menyimpan, mendapat kembali, dan menggunakan pengetahuan. Meliputi proses mental seperti, mempresepsikan, belajar, mengingat, menggunakan bahasa, dan berpikir. 
  • Menurut Dewanto, G., Suwono, W. J., Riyanto, B., & Turana, Y. (2009) kognisi adalah suatu kegiatan pikiran, saat seseorang sadar akan objek suatu pemikiran atau persepsi. Kognisi mencakup semua aspek pikiran dan memori.
  • Menurut Howard (dalam Basuki, 2008) merupakan pemrosesan informasi dengan 3 pendekatan yaitu pendekatan pertama menekankan cara mengetahui (knowing) dan bukan cara memberikan respon (responding), pendekatan kedua menekankan pada struktur mental atau pengorganisasian dan pendekatan ketiga mempersepsikan individu sebagai makhluk yang aktif, konstruktif, berencana dan bukan makhluk yang pasif menerima stimulus dari lingkungan.'


Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kognisi adalah pemrosesan informasi dengan memakai pendekatan seperti knowing, responding, dan mempersepsikan individu, juga merupakan kegiatan berpikir yang meliputi proses mental seperti, mempresepsikan, belajar, mengingat, menggunakan bahasa, dan berpikir. 
Sedangkan struktur kognisi manusia adalah skema yang mempelajari pemrosesan informasi yang terjadi pada manusia dari sesuatu yang sederhana dan saling melengkapi antara fungsi-fungsi satu sama lain, yang berasal dari panca indera kemudian dijadikan menjadi sesuatu yang kompleks didalam otak.

E. KAITAN ANTARA ARSITEKTUR KOMPUTER DAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA


Kaitan antara arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia yaitu memiliki proses yang hampir sama yaitu sama-sama memproses informasi dari data yang masuk lalu menghasilkan sesuatu yang berguna. Pada struktur kognisi manusia, informasi masuk melalui panca indera manusia lalu masuk ke dalam otak, saat memproses informasi otak juga melakukan aktivitasnya yaitu memproses info yang masuk. Sedangkan dalam arsitektur komputer dengan cara menginput data yang akan digunakan lalu masuk ke dalam penyimpanan yang disebut dengan storage. Manusia mengeluarkan informasi juga melalui suatu proses, yaitu adalah proses kognisi di dalam otak. Sedangkan apabila arsitektur komputer mengeluarkan informasi biasanya disebut dengan output. Arsitektur komputer merupakan hasil dari pemikiran manusia, dimana hal tersebut merupakan hasil dari struktur kognisi manusia yang menghasilkan sesuatu yang berguna. Selain itu, terdapat hubungan antara arsitektur komputer dengan struktur kognisi manusia dimana dengan adanya komputer dapat memudahkan manusia dalam pekerjaan sehari-hari dengan cara memproses data yang dilihat melalui proses koginisi. 


Contoh yang dapat kita lihat seperti penggunaan SPSS yang berfungi untuk membantu dalam memproses data-data statistik secara tepat dan cepat, serta menghasilkan berbagai output yang dikehendak. Program SPSS dapat kita gunakan apabila kita telah memiliki data-data statistik yang berasal dari kuesioner, data yang di dapat akan diolah ke dalam otak dengan melalui proses kognisi. Lalu otak akan memproses ke seluruh tubuh agar dapat membuat suatu data di dalam komputer menggunakan bantuan SPSS.

F. KELEMAHAN DAN KELEBIHAN DARI ARSITEKTUR KOMPUTER BILA DIBANDINGKAN DENGAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA



1. ARSITEKTUR KOMPUTER



a. Kelebihan
  • Komputer dapat melakukan operasi matematika dan logika dengan sangat cepat.
  • Komputer dapat melakukan ribuan simulasi dan menghasilkan ribuan data yang sama dalam waktu yang singkat.
  • Dapat digunakan lebih dari satu orang.
  • Komputer dapat di pergunakan untuk memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat lain
  • Komputer dapat membantu pekerjaan manusia secara singkat dan cepat. 
b. Kelemahan
  • Tidak dapat beroperasi tanpa adanya pemakai atau user.
  • Harga yang cukup mahal.
  • Tidak mampu membuat kesimpulan seperti manusia.
  • Tidak memiliki emosi seperti manusia.
  • Tidak dapat memahami sesuatu yang kompleks dibandingkan dengan manusia.

2. STRUKTUR KOGNISI MANUSIA 




a. Kelebihan
  • Struktur kognisi manusia bekerja sistematis yang memiliki arah dan tujuan.
  • Dapat membuat kesimpulan.
  • Memiliki emosi.
  • Dapat memahami sesuatu yang kompleks.
  • Kapasitas memori otak lebih banyak dibandingkan dengan komputer.
b. Kelemahan
  • Tidak dapat menghasilkan ribuan data pada waktu yang cepat.
  • Tidak dapat melakukan operasi matematika dengan sangat cepat.
  • Dalam pemrosesan recall (pemanggilan kembali sebuah ingatan) manusia cenderung lambat.
  • Dapat lupa dengan sebuah informasi apabila tidak dipahami dengan seksama dan bisa terhapus.
  • Tidak mengoptimalkan sebuah ingatan. 

DAFTAR PUSTAKA 
  • Kusrini & Kinoyo, A. (2007). Tuntunan praktis membangun sistem informasi akuntansi dengan visual basic dan microsoft sql server. Yogyakarta : C. V Andi Offset
  • Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem informasi manajemen. Yogyakarta : Deepublish
  • Nuraida, I. (2008). Manajemen administrasi perkantoran. Yogyakarta : Kanisius
  • Marimin, Tanjung, H., & Prabowo, H. (2006). Sistem informasi manajemen sumber daya manusia. Jakarta : Grasindo
  • Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Yogyakarta : Deepublish
  • Amsyah, Z. (2005). Manajemen sistem informasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
  • Basuki, A.M.H. (2008). Psikologi umum. Depok : Universitas Gunadarma.
  • https://www.academia.edu/6504965/Pengertian_dan_Tujuan_ARSITEKTUR_KOMPUTER
  • https://www.academia.edu/11406450/Organisasi_and_Arsitektur_Komputer_-_Pendahuluan
  • Suryadi, HS. (1994). Pengantar arsitektur computer (seri diktat). Jakarta: Universitas Gunadarma
  • Semiun, Y. (2006). Kesehatan mental 3. Yogyakarta : Kanisius.
  • Dewanto, G., Suwono, W. J., Riyanto, B., & Turana, Y. (2009). Panduan praktis diagnosis dan tata laksana penyakit saraf. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

0 komentar:

Posting Komentar